Minggu, 17 Mei 2009

Menyoal maraknya terapi listrik

Menyoal maraknya terapi listrik
- Last Updated (Wednesday, 20 April 2005)
Pernah saya menjumpai sebuah alat elektronis yang mampu mengeluarkan listrik dengan tegangan tertentu ( voltage), alat elektronis tersebut dapat di pergunakan untuk menyalakan sebuah lampu neon yang hanya di pegang oleh tangan kita, yang kemudian alat tersebut di design dan dipasang sedemikian rupa di dalam sebuah sandal khusus, sehingga barangsiapa yang memakainya hanya dengan menekan tombol saklar on dari rangkaian tersebut maka tubuh kita ( jari tangan ) akan mampu mengeluarkan aliran listrik ( stroom ).

Akhir akhir ini banyak saya ketahui yang telah menawarkan sandal elektrik tersebut sebagai alat bantu untuk melakukan terapi pijat. Yang mana tentunya apabila dipakai akan membuat sang pasien kagum dan terheran heran karena tangan kita akan mampu mengeluarkan listrik ( stroom ).

Pandangan bijak soal alat tersebut ( sandal alektrik ).

Alat ini dulu banyak berawal dipakai dalam pertunjukan sulap dalam pentasnya, yang seolah kita mampu mengeluarkan listrik bahkan lampu neon yang kita pegang akan menyala terang, akhirnya alat ini berkembang di pakai banyak praktisi terapi alternatif dalam mengobati pasiennya.

Memakai alat ini sebagai alat bantu terapi tentunya kembali kepada orangnya masing masing, apalagi memang kalau dipakai oleh orang yang betul betul memahami misalnya kadar atau ukuran batas aman kemampuan manusia pada organ organ tertentu terhadap dampak dari terapi listrik tersebut.

Akan tetapi kiranya kita harus lebih bijak dalam menentukan pilihan alat terapi tersebut khususnya bila di pakai sebagai alat bantu oleh orang yang awam tentang efek atau dampak dari konsumsi listrik yang berlebihan pada tubuh manusia.

Untung dan rugi terapi listrik secara umum.

Apabila dipakai sebagai alat terapi oleh mereka yang benar benar memahami ( expert ) tentang dampak atau efek sengatan listrik dan seberapa besar tingkat kekuatan tubuh kita aman menerima sengatan listrik tersebut, tentunya bukanlah yang menjadi pokok bahasan kita di sini.

Yang menjadi permasalahan adalah apabila alat ini di tawarkan secara terbuka, sehingga memungkinkan semua orang bisa memiliki alat tersebut, bahkan oleh orang yang awam atau buta sama sekali tenytang kelistrikan apalagi dipakai sebagai alat bantu terapi, hal inilah yang menjadi problemnya.

Dalam satu sudut pandang dalam bahasan kita, dunia kedokteran atau pengobatan modern, kita mengetahui bahwa apabila darah kita dengan tingkat kepekatan ( kekentalan ) tertentu, maka aliran darah tersebut tidak akan mampu menjangkau saraf saraf serabut ( perifera ) yang tentunya akan memberi dampak ( implikasi ) munculnya disfungsi atau tidak bekerjanya berbagai organ tubuh dengan baik yang tentu saja akan menjadi sebab munculnya berbagai penyakit sesuai organ tubuh yang mengalami gangguan tersebut.

Kembali tentang sandal elektrik tersebut, dalam kadar tegangan ( voltage ) tertentu, sengatan listrik tersebut bisa memberi dampak akan mengeringnya saraf saraf serabut ( perifera ) dalam tubuh kita, yang pasti akan memberi dampak atau efek yang kurang bagus meskipun mungkin dampak atau efek tersebut baru akan terasa setelah dalam jangka waktu yang tertentu ( relatif ) tergantung seberapa kondisi dan daya tahan tubuh pasien tersebut.

Perlu kearifan dalam memilih alat bantu terapi.

Dengan sedikit gambaran tersebut di atas maka kita kembalikan kepada masing masing pribadi orang, hanya hendaklah kita mampu memilih secara bijak alat bantu yang akan kita pakai dalam melakukan terapi kepada pasien. Di satu sisi kita akan di kagumi karena di kira tangan kita mampu mengeluarkan sengatan listrik, akan tetapi disisi lain pasien akan

http://asbabulhikmah.org - TAREKAT ASBABUL HIKMAH Powered by Tarekat Asbabul Hikmah Generated: 17 May, 2009, 20:20
dampak yang kurang bagmendapatkan us da

Sebagai seorang praktisi pengobatan alternatif hendaklah kita memegang teguh prinsip pelayanan kepada masyarakat
dengan mengutamakan kepentingan pasien kita tanpa dengan mempertimbangkan kontribusi terhadap nama besar dan
sanjungan fana.

Dibutuhkan keberanian dan kebersihan hati untuk memilih dengan bijak tentang di perlukannya alat bantu tertentu dalam
melakukan terapi pengobatan alternatif, dengan semangat Fii Sabilil Haq Fastabiqul Khoirot - Berjuang di jalan Alloh
Berlomba lomba dalam kebaikan.

Pengasuh Tarekat Asbabul Hikmah.
http://asbabulhikmah.org - TAREKAT ASBABUL HIKMAH Powered by Tarekat Asbabul Hikmah Generated: 17 May, 2009, 20:20

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar